Selasa, 22 Maret 2016

Menikmati Pesona Air Terjun Sendang Gile



Bagi readers yang menyukai pesona air terjun, di Lombok Utara, Reders bisa menemukan gemericik air nan menyegarkan ini di air terjun Sendang Gila atau yang biasa disebut dengan Air Terjun Sendang Gile. Lokasinya tak terlalu jauh dari kota Mataram. Berada di 80 km dari Mataram, tepatnya Desa Senaru Kecamatan Bayan. Air terjun Sendang Gile adalah salah satu titik pemberhentian sebelum mendaki ke puncak Rinjani. Namun bagi yang tidak ingin menjelajahi gunung, Sendang Gile bisa dijadikan pilihan utama wisata di Pulau Lombok selain gunung.


Air terjun Sendang Gile mempunyai tinggi sekitar 35 meter, dan merupakan yang tertinggi dibandingkan 2 air terjun lainnya di kawasan Gunung Rinjani. Airnya yang jernih dan dingin membuat para wisatawan selalu menghabiskan waktu untuk mandi dan bermain di sungai yang menampung limpahan air dari bukit. Keindahan ini didukung dengan aneka pohon dan tumbuhan yang berjajar di sepanjang mata memandang.

Dari jalur pendakian Gunung Rinjani, Readers hanya menghabiskan waktu kurang lebih 15 menit untuk menuju Air Terjun Sendang Gile. Jalanan menuju air terjun sudah ditata dengan baik sehingga readers tidak perlu khawatir akan kesasar. Kurang lebih ada 500 anak tangga yang harus dilewati sebelum akhirnya menyaksikan keindahan Sendang Gile. Butuh perjuangan yah, namun itu semua aka terbayar dengan keindahan Air Terjun Sendang Gile.


Seperti halnya banyak tempat wisata lainnya, air terjun Sindang Gile juga menyimpan cerita legenda. Konon airnya jika dipakai untuk mandi dan membasuh muka akan membuat kita awet muda readers.

Ada baiknya kalau readers tidak terlalu banyak membawa barang saat mengunjungi Sendang Gile. Selain karena jalurnya yang menharuskan readers berjalan kaki menaiki 500 anak tangga, usara yang dingin membuat barang bawaan readers rawan sekali basah. Lebih baik, bawa barang secukupnya dan air minum agar tenaga readers tetap prima kendati digunakan untuk berjalan kaki.

1 komentar: