Selasa, 22 Maret 2016

Pantai Merica, Kuta Lombok


Kuta, jika mendengar kata tersebut pasti yang di benak readers adalah Pulau Bali. Namun readers salah, tidak hanya Pulau Bali yang mempunyai Pantai Kuta, tetapi Pulau Lombok juga memilikinya. Yap, walaupun namanya sama, tapi keindahannya berbeda.

Kalau Pantai Kuta Bali memiliki pasir putih, pantai Kuta Lombok juga demikian, namun bedanya pasir putih yang ada di Pantai Kuta Lombok memiliki pasir putih yang besar-besar. Sehingga pantai Kuta Lombok sering disebut dengan Pantai Merica. Di Pantai Kuta Lombok juga terdapat bukit yang bernama bukit Mandalika yang menambah nilai plus pada pantai tersebut. Selain itu wilayah pantainya sangat aman untuk melakukan kegiatan air seperti mandi atau berenang, bagi readers yang suka olahraga air juga tersedia fasilitas seperti banana boat, windsurfer dan jetski.



Selain menikmati olahraga air dan keindahan alamnya readers juga bisa melihat upacara bau nyale yang diadakan setahun sekali di Pantai Seger sekitar 2 km sebelah timur pantai Kuta yang diadakan sekitar bulan Februari dan Maret. Upacara bau nyale merupakan penangkapan cacing nyale oleh masyarakat setempat untuk mengenang kisah putri mandalika yang diperebutkan oleh tiga pria.


Untuk transportasi ke Pantai Kuta Lombok memerlukan waktu sekitar 1 sampai 2 jam jika dari Pantai Senggigi atau kota Mataram. Readers bisa menyewa atau membawa kendaraan sendiri karena angkutan umum disini relatif mahal dan hanya beroperasi sampai sore, atau jika readers gak pengen "ribet" readers bisa menggunakan fasilitas travel atau taksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar