Kamis, 02 Juni 2016

Menikmati Indahnya Gili Lontar, Lombok

Gili Lontar, Kabupaten Lombok Barat -- NTB Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat salah satu destinasi unggulan pariwisata bahari di Indonesia.Hal ini didukung oleh kondisi geografis, potensi sumberdaya dan keindahan alam serta ragam budaya yang unik. Kabupaten Lombok Barat memiliki twenty three pulau kecil dan sebagian besar merupakan pulau berdataran rendah dengan pantai berpasir putih nan indah. Gili Lontar berada pada gugusan pulau-pulau kecil yang secaraadministratif masuk wilayah Desa Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Gili Lontar merupakan pulau karang
yang dikelilingi pantai pasir putih dengan luas region 3, 3 years ago Hektar.

Gili Lontar dan Kabupaten Lombok Barat beriklim tropis dengan curah hujan tidak merata dimana wilayah bagian tengah pada umumnya curah hujan cukup tinggi dibandingkan bagian wilayah utara dan selatan.

Gili Lontar merupakan pulau yang tidak berpenduduk dan berada di perairan Gili Sekotong. Jika dilihat dari udara, Gili Lontar berbentuk oblong hampir sempurna,dan tampak seperti donat atau seperti piring besar dengan sayuran di atasnya dengan hamparan pasir pantai berwarna putih dan perairan merah muda.

Tidak terdapat sarana prasarana seperti dermaga maupun akses jalan permanen/setapak.

Secara administrasi, Gili Lontar terletak di wilayah Desa Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat

Kondisi Ekosistem Gili Lontar ditumbuhi vegetasi yang cukup lebat dan tebal yang didominasi oleh pohon resede (kleresede), adapun di tengah pulau terdapat ruang terbuka yang dipenuhi oleh ilalang dan rumput hijau subur. Gili Lontar mempunyai keindahan panorama alam bawah laut dan daratan.
Perairan di sekitar Gili Lontar yang bersih dan jernih serta pantai berpasir putih kemerahan yang lembut dan menawan sangat cocok untuk berbagai aktivitas rekreasi. Di pulau ini wisatawan dapat berenang, berjemur (sun bathing), parasailing, scuba diving, olahraga air flow (watersport), jetsky, banana fishing boat, paralayang, memancing, dan sebagainya.
 
sumber: http://lomboq99.blogspot.com/2016/02/gili-lontar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar